Hadiri Roadshow Bus KPK, Asmar Ajak Masyarakat Berantas Korupsi

PEKANBARU63 Dilihat

PEKANBARU – Pelaksana tugas (Plt) Bupati Kepulauan Meranti H. Asmar menghadiri Roadshow Bus KPK 2023 Riau 2023 di Halaman Kantor Gubernur Riau, Pekanbaru, Senin (25/9/2023).

Wakil Ketua KPK Johanis Tanak hadir langsung dalam kegiatan yang diikuti para kepala daerah di Riau itu.

“Kami mengucapkan terima kasih kepada Pemerintah Provinsi Riau dan pemerintah kabupaten/kota se-Provinsi Riau yang telah berkolaborasi dalam kegiatan ini,” kata Johanis.

Dia menambahkan, roadshow yang diselenggarakan mulai dari tanggal 23-27 September tersebut bertujuan meningkatkan kesadaran (awareness) dan nilai integritas terhadap pencegahan korupsi.

“Kita bumi kan isu-isu pemberantasan korupsi, terlebih kepada anak-anak bangsa agar tertanam kesadaran bahwa korupsi sangat merugikan bangsa dan negara,” tambahnya.

Johanis mengingatkan, KPK memang tidak berada di setiap daerah, tapi KPK akan ada dimana-mana dengan keterlibatan masyarakat. Dia juga berharap penyelenggara negara bisa menghindari money politic dalam bentuk apapun, menjelang pemilu serentak pada tahun 2024.

“Uang negara adalah uang rakyat, uang untuk menggaji kita selaku penyelenggara tugas negara, oleh karena itu tingkatkan integritas sebagai penyelenggara negara,” ajaknya.

Gubernur Riau Drs. H. Syamsuar, M.Si mengucapkan terima kasih atas terselenggaranya roadshow bus KPK di Riau.

“Aksi kolaborasi dalam program jelajah negeri bangun antikorupsi ini sebagai upaya pencegahan dan peningkatan kesadaran antikorupsi,” ucap Syamsuar.

Dia menambahkan aksi kolaborasi itu juga sekaligus pencanangan implementasi aplikasi whistleblowing system (WBS) di Provinsi Riau.

“Tahun 2021 Pemprov Riau menjalin kerja sama dengan KPK untuk tata kelola pemerintahan yang bebas korupsi, kolusi dan nepotisme,” ungkapnya.

Sementara itu, Plt Bupati H. Asmar mengajak masyarakat untuk sama-sama ikut mengawal dalam upaya pencegahan korupsi di daerah.

“Saya berpesan kepada seluruh masyarakat untuk bisa sama-sama memonitor, dan ikut upaya memberantas korupsi khususnya di Meranti,” kata Asmar.

Asmar berharap melalui roadshow tersebut, pencegahan korupsi bisa terimplementasi dengan baik.

“Mudah-mudahan dengan launching pertama ini, pencegahan korupsi di Riau bisa terlaksana dengan sebaik mungkin,” harapnya.

Roadshow bus KPK tersebut dilanjutkan dengan sosialisasi anti korupsi dan WBS di Menara Lancang Kuning Kantor Gubernur Provinsi Riau.

Turut hadir unsur Forkopimda Riau, bupati dan walikota se-Provinsi Riau, serta pejabat dan tamu undangan lainnya.

Ikut mendampingi Plt Bupati Asmar, Sekda Bambang Suprianto, Kepala Inspektorat Rawelly dan Kabag Prokopim Setdakab Meranti Afrinal Yusran. (emi)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *