PT ITA Bekerja Sama dengan Warga Bersihkan Ceceran Minyak di Perairan Kecamatan Sungai Apit

SIAK35 Dilihat

DESARIAU.COM (Siak) – PT Imbang Tata Alam (ITA) berupaya menangani tumpahan minyak (oil spill) di yang tumpah di perairan Sungai Apit, Kabupaten Siak, Kamis (11/05/2023). Diharapkan dalam beberapa hari ke depan, tumpahan tersebut bisa teratasi. Perusahaan juga mengajak warga setempat untuk membersihkan ceceran minyak yang ada.

Dari data yang dikumpulkan, tumpahan minyak tersebut diketahui pada hari Selasa, 9 Mei 2023, pukul 10.00 WIB. Dari pemeriksaan lapangan, sumber minyak berasal dari kebocoran pada casing conductor ME-03. Setelah sumber kebocoran ditemukan, tim segera melokalisir tumpahan minyak dengan memasang peralatan oil boom.

Selanjutnya tim menyusuri daerah sekitar dengan perahu motor untuk mengambil ceceran-ceceran minyak yang ada di permukaan laut. Selain itu, perusahaan juga telah berkoordinasi dengan pemerintah setempat seperti DLHK Kabupaten Siak, seraya melaporkan penanganan yang telah dilakukan.

Perusahaan juga bekerja sama dengan masyarakat setempat dengan menyewa tiga unit perahu motor dari penduduk setempat dan bersama-sama melakukan patroli untuk mengumpulkan ceceran minyak.

“Dari patroli yang telah dilakukan, kita berhasil mengumpulkan sekitar 17 liter minyak mentah yang bercampur dengan air. Paralel dengan upaya untuk menutup sumber kebocoran, patroli akan terus dilakukan hingga perairan kembali bersih kembali. Mohon doanya karena saat ini tim lapangan masih berupaya keras mengatasi masalah ini,” kata VP HCS & Government Public Affairs EMP, Reno Ranendra. (Buy)

Editor: Ferizal

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *