Wednesday, January 19, 2022
No menu items!
spot_img
HomePELALAWANSukardi: BKNDI Pelalawan Siap Memfasilitasi Sekaligus Menjadi Wadah Informasi bagi Desa di...

Sukardi: BKNDI Pelalawan Siap Memfasilitasi Sekaligus Menjadi Wadah Informasi bagi Desa di Pelalawan

PELALAWAN – Keberhasilan pembangunan daerah harus diawali dengan pelaksanaan perencanaan yang baik dan trasparan. Selain itu, juga dibutuhkan kemampuan mengakomodasi, mengidentifikasi aspirasi masyarakat yang diarahkan untuk mempercepat terwujudnya kesejahteraan.

Dalam hal ini, BKNDI Pelalawan sebagai wadah jaringan informsi berperan serta dalam peningkatan, pelayanan, pemberdayaan desa, untuk memperkuat daya saing desa dengan memperlihatkan asas-asas pemerataan, dan keadilan.

Oleh karena itu BKNDI Pelalawan memfasilitasi 10 desa diantaranya desa Kemang, desa Langkan, desa Tanjung Air Hitam, desa Pangkalan Gondai, desa Simpang Beringin, Kiyap Jaya, desa Muda Setia, Lobuk Ogung, desa Betung, dan desa Dundangan.

Workshop yang diikuti tentang Penguatan Pemerintah Desa Dalam Mendukung kegiatan Air Minum dan Sanitasi Tahap II di jawa Timur, adapun kegiatan akan dilaksanakan selama 4 hari yang akan dimulai pada tanggal 6 desember sampai 9 Desember 2021.

Ketua BKNDI Pelalawan, Sukardi, SH menyampaikan, Kegiatan ini dibutuhkan desa yang telah memiliki program Pamsimas namun belum terealiasi.

Harapannya dengan mengikuti workshop ini desa dapat menyelesaikan program dan menemukan solusi atas hambatan belum terealisasinya program, sangat penting untuk desa terus mengupgrade informasi demi mempercepat pembangunan desa.

“Tujuan pelaksanaan kegiatan ini untuk memberikan pemahaman kepada Kepala Desa terkait pengaturan tentang desa yang meliputi kewenangan desa, pedoman pembangunan desa, pengelolaan keuangan desa, asset Pemerintah Desa, pemberdayaan terhadap Lembaga Kemasyarakatan Desa (LKD), peran BPD pada musyawarah Desa, dan musyawarah antar Desa serta program air minum dan sanitasi ke dalam perencanaan dan penganggaran Pemerintah Desa.,” Bebernya.

Ditambahkannya, BKNDI Pelalawan siap memfasilitasi sekaligus menjadi wadah informasi bagi desa di Pelalawan.

Kedepan, tidak hanya 10 desa namun lebih banyak desa lagi yang mendapatkan kesempatan untuk mengupdate informasi berkaitan dengan desa melalui BKNDI. (Sudarmono)

RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -spot_img

Most Popular

Recent Comments