Disaksikan Presiden Jokowi, Anggota DPR RI 2019-2024 Bersumpah Utamakan Kepentingan Bangsa dan Negara

JAKARTA – Presiden Jokowi dan Wakil Presiden Jusuf Kalla menghadiri pelantikan anggota DPR RI/ DPD RI/ MPR RI periode 2019-2024, di Gedung Nusantara, Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa (1/10/2019) siang.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Wakil Presiden Jusuf Kalla menghadiri pelantikan anggota Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR RI) periode 2019-2024 dalam Rapat Paripurna ke I Masa Persidangan I Tahun Sidang 2019-2020, di Gedung Nusantara, Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa (1/10/2019) siang.

Rapat pengambilan sumpah dan janji dipimpin oleh Pimpinan DPR RI sementara yang yang ditetapkan oleh KPU RI berdasarkan usia, yaitu tertua Abdul Wahab Dalimunthe dari Fraksi Partai Demokrat (F-PD) dan anggota termuda Hillary Brigitta Lasut dari Fraksi Partai Nasdem).

Pengambilan sumpah dan janji dipandu oleh Ketua Mahkamah Agung Muhammad Hatta Ali. Semua anggota DPR RI secara bersama-sama melafalkan sumpah sebelum resmi menjabat sebagai anggota parlemen, yaitu:

“Demi Allah saya bersumpah, bahwa saya akan memenuhi kewajiban saya sebagai anggota DPR dengan sebaik-baiknya dan seadil-adilnya, sesuai dengan peraturan perundang-undangan dengan berpedoman pada Pancasila dan UUD 1945.

Bahwa saya dalam menjalankan kewajiban akan bekerja dengan sungguh-sungguh demi tegaknya kehidupan demokrasi, serta mengutamakan kepentingan bangsa dan negara daripada kepentingan pribadi, seseorang, dan golongan.

Bahwa saya akan memperjuangkan aspirasi rakyat yang saya wakili untuk mewujudkan tujuan nasional demi kepentingan bangsa dan Negara Kesatuan Republik Indonesia.

” Terdapat dua anggota kabinet kerja yang dilantik menjadi anggota DPR RI Periode 2019-2024, yaitu Puan Maharani (mantan Menko Pembangunan Manusia dan Kebudayaan/PMK) dan Yasonna H. Laoly (mantan Menteri Hukum dan HAM).

Selain itu, juga terdapat mantan Staf Khusus Presiden bidang Komunikasi, Johan Budi, yang turun dilantik sebagai anggota DPR RI. Setelah menghadiri pelantikan anggota DPR RI, Presiden Jokowi dan Wakil Presiden Jusuf Kalla di tempat yang sama juga menghadiri pelantikan anggota Dewan Perwakilan Daerah Republik Indonesia (DPD RI) periode 2019-2024, dan selanjutnya menghadiri pelantikan anggota Majelis Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (MPR RI) periode 2019-2024.

Pelantikan anggota DPR RI, DPD RI, dan MPR RI periode 2019-2024 itu dihadiri oleh Presiden ke-5 RI Megawati Soekarnoputri, mantan Wakil Presiden Try Sutrisno, para menteri kabinet kerja, pimpinan lembaga negara, dan para duta besar negara sahabat.

Editor: Ferizal

Previous Warga Sungai Apit dan Bunga Raya Impikan Sayed Abubakar Assegaf Pemimpin Siak
Next Yasonna Jadi Anggota DPR, Presiden Jokowi Tunjuk Tjahjo Kumolo Sebagai Plt. Menteri Hukum dan HAM

You might also like

Peristiwa

Syafriadi Pimpin Kongres SPS Pusat, Dahlan Iskan tak Bersedia Lagi Jabat Ketum

SURABAYA – Mantan Menteri BUMN Dahlan Iskan menyatakan tak bersedia lagi dicalonkan dan dipilih menjadi Ketua Umum Serikat Perusahaan Pers (SPS) yang berlangsung di Gedung Siola Kota Surabaya, Rabu-Kamis (6-7/2

Nasional

Dirut BPJS Kesehatan Beberkan Fakta Penyesuaian Iuran JKN-KIS

JAKARTA – Sebagai upaya memastikan Program Jaminan Kesehatan Nasional-Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) berjalan berkesinambungan, pemerintah berencana melakukan penyesuaian iuran JKN-KIS dalam waktu dekat. Menurut Direktur Utama BPJS Kesehatan Fahcmi Idris,

POLITIK

Dana untuk Pilkada 2018 dan Pemilu 2019 Rp220 Triliun

DESARIAU.COM – Pemerintah dalam Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara 2018 mengalokasikan dana pertahanan keamanan dan demokrasi senilai Rp220,8 triliun. Selain untuk pemeliharaan keamanan, dana tersebut akan mendukung penuh penyelenggaraan Pilkada

0 Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!

Leave a Reply