Disaksikan Presiden Jokowi, Anggota DPR RI 2019-2024 Bersumpah Utamakan Kepentingan Bangsa dan Negara

Disaksikan Presiden Jokowi, Anggota DPR RI 2019-2024 Bersumpah Utamakan Kepentingan Bangsa dan Negara

JAKARTA – Presiden Jokowi dan Wakil Presiden Jusuf Kalla menghadiri pelantikan anggota DPR RI/ DPD RI/ MPR RI periode 2019-2024, di Gedung Nusantara, Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa (1/10/2019) siang.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Wakil Presiden Jusuf Kalla menghadiri pelantikan anggota Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR RI) periode 2019-2024 dalam Rapat Paripurna ke I Masa Persidangan I Tahun Sidang 2019-2020, di Gedung Nusantara, Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa (1/10/2019) siang.

Rapat pengambilan sumpah dan janji dipimpin oleh Pimpinan DPR RI sementara yang yang ditetapkan oleh KPU RI berdasarkan usia, yaitu tertua Abdul Wahab Dalimunthe dari Fraksi Partai Demokrat (F-PD) dan anggota termuda Hillary Brigitta Lasut dari Fraksi Partai Nasdem).

Pengambilan sumpah dan janji dipandu oleh Ketua Mahkamah Agung Muhammad Hatta Ali. Semua anggota DPR RI secara bersama-sama melafalkan sumpah sebelum resmi menjabat sebagai anggota parlemen, yaitu:

“Demi Allah saya bersumpah, bahwa saya akan memenuhi kewajiban saya sebagai anggota DPR dengan sebaik-baiknya dan seadil-adilnya, sesuai dengan peraturan perundang-undangan dengan berpedoman pada Pancasila dan UUD 1945.

Bahwa saya dalam menjalankan kewajiban akan bekerja dengan sungguh-sungguh demi tegaknya kehidupan demokrasi, serta mengutamakan kepentingan bangsa dan negara daripada kepentingan pribadi, seseorang, dan golongan.

Bahwa saya akan memperjuangkan aspirasi rakyat yang saya wakili untuk mewujudkan tujuan nasional demi kepentingan bangsa dan Negara Kesatuan Republik Indonesia.

” Terdapat dua anggota kabinet kerja yang dilantik menjadi anggota DPR RI Periode 2019-2024, yaitu Puan Maharani (mantan Menko Pembangunan Manusia dan Kebudayaan/PMK) dan Yasonna H. Laoly (mantan Menteri Hukum dan HAM).

Selain itu, juga terdapat mantan Staf Khusus Presiden bidang Komunikasi, Johan Budi, yang turun dilantik sebagai anggota DPR RI. Setelah menghadiri pelantikan anggota DPR RI, Presiden Jokowi dan Wakil Presiden Jusuf Kalla di tempat yang sama juga menghadiri pelantikan anggota Dewan Perwakilan Daerah Republik Indonesia (DPD RI) periode 2019-2024, dan selanjutnya menghadiri pelantikan anggota Majelis Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (MPR RI) periode 2019-2024.

Pelantikan anggota DPR RI, DPD RI, dan MPR RI periode 2019-2024 itu dihadiri oleh Presiden ke-5 RI Megawati Soekarnoputri, mantan Wakil Presiden Try Sutrisno, para menteri kabinet kerja, pimpinan lembaga negara, dan para duta besar negara sahabat.

Editor: Ferizal

Previous Warga Sungai Apit dan Bunga Raya Impikan Sayed Abubakar Assegaf Pemimpin Siak
Next Yasonna Jadi Anggota DPR, Presiden Jokowi Tunjuk Tjahjo Kumolo Sebagai Plt. Menteri Hukum dan HAM

You might also like

Religi

Sandiaga Ingin Tunjukan ke Dunia Jika Islam Mengajarkan Kedamaian

DESARIAU.COM, (Jakarta) – Dalam kunjungannya ke New York, Amerika Serikat, Wakil Gubernur terpilih DKI Jakarta Sandiaga Uno sempat berdiskusi dengan Muhammad Syamsi Ali, imam Islamic Cultural Center (ICC), masjid terbesar

Nasional

Prabowo Sebut Nasi Goreng di Rumah SBY Menyaingi Nasi Goreng Hambalang

DESARIAU.COM – Ketua Umum (ketum) Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra) Prabowo Subianto memuji nasi goreng yang disajikan di rumah Ketum Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono (SBY), dan secara bergurau menyebutnya

Nasional

Kenakan Pakaian Adat Bali, Presiden Jokowi Pimpin Upacara Detik-Detik Proklamasi di Istana Merdeka

JAKARTA – Mengenakan pakaian adat Klungkung Bali, Presiden Joko Widodo yang bertindak sebagai inspektur memimpin Upacara Peringatan Detik-detik Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia di Halaman Istana Merdeka, Jakarta, Sabtu (17/8/2019). Yang

0 Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!

Leave a Reply