FKIP UIR Memenuhi Kebutuhan Pendidikan Revolusi Industri 4.0 di SMAN 1 Kampar Timur

KAMPAT – Tim Program Studi pendidikan Bahasa Inggris FKIP UIR tetap konsisten melaksanakan Roadmap Pengabdian kepada masyarakat Program Studi (Prodi) sejak 2016 hingga saat ini setiap semester. Kegiatan ini merupakan salah satu pelakasanaan Catur Dharma Universitas Islam Riau yang difasilitasi oleh LPPM UIR.

Pentingnya integrasi dunia pendidikan dengan Revolusi Industri 4.0 telah menuntut para pendidik untuk menerapkannya. Sehingga ini menjadi alasan Tim Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris mengimplementasikan Roadmap PKM tahap ini dengan Revolusi Industri 4.0.

Ditunjukanya SMAN 01 Kampar Timur merupakan salah satu sekolah yang di bina oleh Pemerintah Kabupaten Kampar, Provinsi Riau. Hal ini menjadi salah satu pertimbangan Tim Program Studi Pendidikan dalam memilih lokasi kegiatan, ujar Ka. Prodi Bahasa Inggris FKIP UIR Miranti Eka Putri., S.Pd., M.Ed

Kegiatan yang telah dilaksanakan pada Semester Genap Tahun Akademik 2018/2019, pada Selasa, 18 Juni 2019 yang lalu, yang diresmikan oleh Kepala Sekolah SMAN 1 Kampar Timur, H. Kiram, S.Sos., M.Pd diwakili oleh Wakil Kepala Sekolah Bidang Kurikulum dan Akademik Asnaridawati Sy., M.Pd dihadiri oleh sembilan puluh satu orang guru SMAN 1 Kampar Timur, enam belas dosen pendamping Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris serta tujuh belas mahasiwa Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris dengan teknis pendampingan dilaksanakan oleh masing-masing tim.

Pemutaran video Revolusi Industri 4.0 dilakukan pada sesi pembukaan untuk membuka wawasan para pendidik mengenai perkembangan 4.0 yang sedang dan akan dihadapai di dunia pendidikan. Sehingga pendidik diharapkan mempersiapkan dan melaksanakan pembelajaran terintegrasi dengan kebutuhan 4.0.

Selanjutnya pemaparan konteks sesuai bidang pendidikan tersebut meliputi : Miranti Eka Putri., S.Pd., M.Ed dengan pendampingan penggunaan infografik; Muhammad Ilyas S.Pd., M.Pd dengan pendampingan penyusunan penelitian tindakan kelas berbasis Infografik ; Dra. Syofinais Ismail., M.Ed dengan pemanfaatan media sosial dalam pembelajaran; Dr. Rugaiyah., M.Pd dengan meningkatkan motivasi anak dalam belajar serta membangun karakter bangsa dan nilai nasionalisme melalui metode Field Trip; Dr. Sri Yuliani., M.Pd dengan pengembangan bahan ajar kreatif inovatif berbasis potensi lokal; Yulianto., S.Pd., M.Pd dengan penyusunan penelitian tindakan kelas berbasis potensi lokal; Johari Afrizal., S.Pd., M.Ed dengan pembelajaran dan penerapan model Flipped Classroom; Marhamah., S.Pd., M.Ed dengan PKM Guru-Guru Bahasa Inggris; Estika Satriani., S.Pd., M.Pd dengan penyusunan penelitian tindakan kelas berbasis media MALL; Andi Idayani., S.Pd., M.Pd dengan penggunaan Quipper School dalam pembelajaran; Arimuliani Ahmad., S.Pd., M.Pd dengan membuat presentasi dengan Powtoon; Sri Wahyuni., S.Pd., M.Pd dengan CALL dan MALL melalui Kahoot; Fauzul Etfita., S.Pd., M.Pd dengan pemanfaatan padlet pada pengajaran; Sitti Hadijah., S.Pd., M.Pd dengan penggunaan software multimedia untuk kegiatan belajar mengajar.

Terakhir, wakil Kepala Sekolah Bidang Kurikulum dan Akademik, Asnaridawati Sy., M.Pd, menyampaikan bahwa kegiatan ini sangat diperlukan dan berdampak dalam peningkatan kualitas siswa dan guru dalam proses pembelajaran sehingga diharapkan pelaksanaan kegiatan Tim Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris FKIP UIR ini berkelanjutan yang ditandai dengan penandatangan surat perjanjian kerjasama mitra. (Fer)

Previous Terpilih Jadi Ketua Umum PBSI Meranti, Jimmy: Jadikan Bulutangkis Meranti Sebagai Rule of Mode
Next Kabut Asap Ganggu Jarak Pandang, Suharto: Kita Imbau Kapal Masuk Perairan Meranti Berhati-hati

You might also like

Olahraga

NPC Kampar Berprestasi di Tingkat Internasional

DESARIAU.COM – National Paralympic Committee (NPC) Kabupaten Kampar telah mengharumkan nama Indonesia diberbagai kejuaran atlit bagi para penyandang cacat di tingkat Nasional maupun maupun Asean bahkan internasional. Berbagai kejuaran seperti kejurnas

Desa Kampar

Pemkab Kampar Bertekad Raih Piala Adipura

DESARIAU.COM – Pemerintah Kabupaten Kampar betul–betul bertekad untuk meraih Piala Adipura, karena itu mulai hari ini seluruh Satuan Kerja (Satker) terkait untuk dapat mewujudkan hal ini. Demikian disampaikan oleh Sekda

Desa Kampar

Kepala Dinas PMD Kampar Meninggal Dunia Setelah Mengalami Tabrakan Mobil

DESARIAU.COM – Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) Kabupaten Kampar Surya Budi telah menghembuskan nafas terakhirnya pada Selasa (1/8/2017) sekitar pukul 00.15 WIB tadi malam, di Rumah Sakit Santa

0 Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!

Leave a Reply