Wako Pekanbaru, Ayat Cahyadi saat pemotongan tumpeng HUT Pekanbaru ke-235 tahun 2019. (foto: Ferizal) Ayat Cahyadi Sampaikan Visi Pekanbaru Pada Apel HUT Pekanbaru Ke-235

Ayat Cahyadi Sampaikan Visi Pekanbaru Pada Apel HUT Pekanbaru Ke-235

PEKANBARU – Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru gelar apel upacara bendera dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) Kota Pekanbaru ke-235 tahun 2019 di halaman Perkantoran Walikota Pekanbaru, Jalan Badak, Tenayan Raya, Senin 24 Juni 2019.

Walikota Pekanbaru, DR. Firdaus, ST. MT diwakili oleh Wakil Walikota Pekanbaru, Ayat Cahyadi sebagai inspektur upacara dan Indra Pomi selaku komandan upacara. Tanpak hadir pada kesempatan itu, Ketua DPRD Kota Pekanbaru, Kapolresta Pekanbaru, Kepala BPBD Riau, Edwar Sanger, Danrem 031/WB, Brigjen TNI Muhammad Fadjar, Forkopimda Kota Pekanbaru, Para Kadis, Camat se Pekanbaru, LPM dan forum RT/RW serta para tokoh pemuda, tokoh masyarakat, para aktivis dan seluruh undangan yang mengenakan pakaian melayu.

Dalam amanat Walikota Pekanbaru yang dibacakan oleh Wakil Walikota Pekanbaru, Ayat Cahyadi menyampaikan, pagi ini kita sama-sama hadir pada upacara bendera memperingati hari jadi Kota Pekanbaru yang ke-235 tahun 2019 yang hari jadi ini senantiasa kita peringati setiap tanggal 23 Juni, yang mana kemaren sudah sama-sama kita hadiri Sidang Paripurna Istimewa DPRD Kota Pekanbaru dalam rangka hari jadi Kota Pekanbaru yang ke- 235.

Berdasarkan visi Kota Pekanbaru, yakni terwujudnya Pekanbaru sebagai pusat perdagangan dan jasa, pusat pendidikan serta pusat kebudayaan melayu menuju masyarakat yang sejahtera yang berlandasakan iman dan takwa. Untuk mewujudkan visi ini, dimasa kepemimpinan Firdaus-Ayat periode pertama sejak tahun 2012-2017, yakni menjadikan Pekanabru sebagai Kota Metropolitan yang Mendani. Selanjutnya dilanjutkan dengan periode kedua ini 2017-2022 yakni Terwujudnya Pekanbaru Smart City  yang Madani.

“Adapun tujuan visi tersebut adalah terciptnya masyarakat Kota Pekanbaru yang  mandiri, tangguh dan berdaya saing tinggi dengan sasaran  pelayanan cepat,  dekat tepat murah dan lebih baik,” Sampai Ayat Cahyadi.

Pengibaran bendera merah putih apel peringatan HUT Pekanbaru ke-235. (Ferizal)

Untuk itu semua lanjut Ayat Cahyadi, gambaran masyarakat Pekanbaru Madani yang ingin kita wujudkan adalah kehidupan masyarakat yang sejahtera dengan landasan iman dan takwa. Ada beberapa indikator yang menjadi perhatian bagi seluruh SKPD sehingga seluruh kegiatan pembangunan benar-benar dinikmati oleh masyarakat kita.

Pertama kita menginginkan masyarakat kita yang sehat jasmani dan rohani, makanya kita membangun Puskesmas dan  sudah membangun juga rumah sakit tipe C yang berada di Jalan Garuda Sakti, Panam.

Kedua kita inginkan masyarakat Pekanbaru yang cerdas, berpendidikan dan mempunyai keterampilan dan menguasai teknologi yang berpradaban, maka melalui Dinas Pendidikan kita bangun sekolah, tingkatkan kualitas guru dan bersinergi pula dengan swasta serta pemerintah provinsi dan pusat.

Ketiga berakhlak yang baik dan cinta kepada budaya bangsa, tentu harus punya keterampilan sehingga bisa bersaing di era persaingan global yang saat ini sangat kompotitif. Selain memiliki skil dan keterampilan, harus juga memiliki akhlak dan budi pekerti.

Penyerahan hadiah kepada peserta lomba dari berbagai lomba oleh Wawako Pekanbaru, Ayat Cahyadi disaat upacara HUT Pekanbaru ke-235. (Ferizal)

“Kita menginginkan anak-anak muda para generasi kita terhindar dari pergaulan bebas, narkoba dan forno grafi dan forno aksi. Tentu harus menjadi perhatian kita semua agar anak-anak kita menjadi generasi yang cerdas dan berakhlak,” Ujar Ayat Cahyadi.

Selain itu, Ayat Cahyadi juga menyampaikan sejarah singkat awal mula Pekanbaru ini, yaitu berasal dari bahasa Pekan artinya pasar, jadi Pekanbaru artinya Pasar Baru. Yang awal ceritanya dibangun oleh Sultan Siak ke-IV Sultan Alamuddin Syah yang mendirikan pekan atau pasar di Senapelan.

Singkat cerita, Sultan Raja Muda Muhammad Ali anak dari Sultan Alamuddin Syah kembali ke Senapelan yang awalnya berada di Mempura untuk membesarkan pasar yang sudah digagas oleh ayahndanya Sultan Alamuddin Syah yang sudah wafat. Disinilah awal mula adanya bahasa Pekan Baharu yang terus berkembang yang sampai saat ini dikenal Pekanbaru.

“Saya mengajak seluruh ASN untuk benar-benar melayani masyarakat kita dan bekerja sekuat tenaga untuk mewujudkan visi Pekanbaru menjadi pusat perdagangan dan jasa dan masyarakat Pekanbaru yang sejahtera berlandaskan iman dan takwa,” tegas Ayat Cahyadi lagi.

Wakil Walikota Pekanbaru, Ayat Cahyadi didampingi Sekda Pekanbaru, M. Noer terima bunga dari Keluarga Terharmonis se Provinsi Riau saat usai Apel HUT Pekanbaru ke-235. (Ferizal)

Selain itu, Ayat Cahyadi juga menyampaikan bersempena hari jadi Kota Pekanbaru ke-235 ini juga bertempatan juga Hari Keluarga Nasional (Hardignas) ke-26. Yang menjadi pesan kita adalah “Cinta Keluarga dan Cinta Terencana”.

“Momentum Hardignas ini harus menjadi semangat bagi kita untuk membentengi keluarga kita agar anak-anak kita terhindar dari hal-hal yang negatif dan bangun komunikasi yang baik antara anak dan istri kita walaupun sesibuk apapun kita,” Imbuh Ayat Cahyadi.

Sebelum pelaksanaan apel memperingati Hari Jadi Kota Pekanbaru ke-235 ini, sebelumnya pada tanggal 23 Juni 2019 dilaksanakan juga Sidang Paripurna Istimewa DPRD Kota Pekanbaru dalam rangka hari jadi Kota Pekanbaru yang ke 235.

Foto bersama Wakil Walikota Pekanbaru, Ayat Cahyadi, Sekda M. Noer, Assisten I Provinsi Riau usai Rapat Paripurna Istimewa DPRD Pekanbaru dalam rangka HUT Pekanbaru ke-235. (Ferizal)

Wakil Walikota Ayat Cahyadi pada kesempatan itu kepada Desariau.com mengatakan, kepada seluruh warga masyarakat Kota Pekanbaru, pada hari ini merupakan hari jadi Kota Pekanbaru ke 235, mengajak untuk selalu bersatu padu  dan bekerjasama membangun Kota Pekanbaru yang kita cintai ini.

“Saya mengucapkan selamat hari jadi Kota Pekanbaru ke- 235 dan kepada seluruh ASN mari kita tingkatkan sumber daya manusia kita untuk mewujudkan apa yang menjadi visi misi Pekabaru sebagai pusat perdagangan dan jasa,” Ungkap Ayat, Ahad 23 Juni 2019.

Menurut Ayat Cahyadi, dengan semangat hari jadi Kota Pekanbaru ke-235 ini hendaknya seluruh SKPD dan ASN untuk meningkatkan semangat kerjanya untuk benar-benar memberikan pelayanan terbaik bagi masyarakat Kota Pekanbaru dan mewujudkan visi Kota Pekanbaru.

Sekda Kota Pekanbaru, M. Noer saat diwawancara oleh awak media desariau.com usai Sidang Paripurna DPRD Pekanbaru. (Ferizal)

Hal senada juga disampaikan oleh Sekretaris Darah (Sekda) Kota Pekanbaru, M. Noer mengucapkan selamat hari jadi Kota Pekanbaru ke-235 tahun 2019. Tentu harapannya kedepan Pekanbaru akan jauh lebih baik lagi dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat Kota Pekanbaru.

“Selamat hari jadi Kota Pekanbaru ke-235 dan semoga semangat ini membuat kita semua saling bersinergi dalam membangun Kota Pekanbaru sesuai dengan visi Pekanbaru sebagai pusat Perdagangan dan Jasa dan masyarakat Pekanbaru yang sejahtera berlandaskan iman dan takwa,” ucap M. Noer.

Berbagai rangkaian acara digelar bersempena hari jadi Kota Pekanbaru ke-235 ini, diantaranya pada tanggal 18 Juni 2019, Pesta Rakyat Pekanbaru Hebat (Halal bi halal masyarakat) dan berobat gratis di Awal Bros Panam selanjutnya 20 Juni 2019, Aksi Gotong Royong Bersih Sungai Siak melibatkan seluruh ASN Pemko Pekanbaru dan Gala Dinner dengan peserta DBF bersama Walikota.

Selanjutnya pada tanggal 21-23 Juni digelar Dragon Boat Festival di Sungai Siak, Tanggal 23 Juni 2019 Sidang paripurna dan berbagai kegiatan di setiap kecamatan se Kota Pekanbaru dan selanjutnya tanggal 24 Juni 2019 Upacara Bnedera Memperingati Hari Jadi  Pekanbaru 235 di Tenayan Raya sekaligus Donor darah serta puncaknya Happy Creativity of ASN.  (Advertorial)

 

Penulis : Ferizal

 

 

 

Previous Bupati Meranti Harapkan Alumni Pamong Praja Bisa Membantu Pemerintah
Next Kesbangpol Riau dan Pemkab Meranti Gelar Pemantapan Komunikasi Politk Parpol Se Meranti

You might also like

Kesehatan

Wujud Kepedulian Kesehatan Warga Pekanbaru, Muhammad Aulia Turunkan Tim Fogging Nyamuk

PEKANBARU – wujud kepedulian terhadap warga Pekanbaru, Muhammad Aulia menurunkan tim fogging nyamuk di Jalan Anggrek, Simpang Bateray P, Kelurahan Tobek Godang, Kecamatan Tampan, Pekanbaru, Rabu (6/3/2019). Warga sekitar menyambut

Pekanbaru

Atas Kasus Toro, Pers Jangan Gentar Bongkar Kasus Korupsi Bengkalis

PEKANBARU – Direktur Eksekutif Riau Media Watch (RMW) Drs. Wahyudi El Panggabean, M.H., meminta segenap pers di Riau tidak gentar memberitakan kasus-kasus korupsi khususnya di Bengkalis. Ada banyak kasus dugaan

Pekanbaru

Seminar Kesehatan Pantai Hospital Melaka Menghadirkan Dokter Bedah Umum

DesaRiau.com – PEKANBARU –  Pantai Hospital Ayer Keroh Melaka, Malaysia gelar Bincang Sehat dengan tema Menangani Kanker Kolorektal bersama Insurance Sunlife Financial Syariah di Premier Grand Zury Pekanbaru, Sabtu (25/8/2018)

0 Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!

Leave a Reply