Anggota DPRD Meranti saat survey ke lapangan. DPRD Meranti Siap Kawal Progres Pembangunan di Meranti

DPRD Meranti Siap Kawal Progres Pembangunan di Meranti

MERANTI – Sebagai upaya memastikan progres pembangunan di Kabupaten Kepulauan Meranti, Riau, berjalan dengan lancar serta sesuai dengan mutu dan kualitas yang diinginkan, pihak Komisi II DPRD Kabupaten Kepulauan Meranti melakukan peninjauan dan pengecekan langsung ke lapangan.

Komisi II Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Kepulauan Meranti bersama Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) telah melakukan peninjauan progres pembangunan jalan di 3 (tiga) Kecamatan di Kabupaten Kepulauan Meranti beberapa waktu lalu.

Peninjauan telah dilakukan di Kecamatan Tebingtinggi tepatnya pembangunan Jalan Pramuka Dorak. Kemudian, peninjauan pembangunan jalan dilanjutkan di Kecamatan Rangsang Barat dan Rangsang Pesisir tepatnya pembangunan Jalan Peranggas – Kayu Ara. Dari hasil peninjauan diperkirakan sudah mencapai 90 persen.

Anggota Komisi II DPRD Kepualuan Meranti, Taufiek mengungkapkan bahwa dari hasil peninjauan yang dilaksanakan bersama Dinas PUPR Meranti hasil pembangunan jalan tersebut sudah memadai dan dari hasil pengecekan langsung dilapangan pembangunan jalan juga memiliki kualitas yang baik.

“Dari peninjauan yang kita lakukan hasil pembangunan sudah memadai. Disini juga kita sempat mengecek dengan melihat langsung kondisi pembangunan jalan yang masih dalam tahap pengerjaan maupun pembangunan jalan yang sudah siap,” ujarnya.

Selain pembangunan jalan, pengecekan juga dilakukan di Pelabuhan penyeberangan kapal Roll on – Roll off (Ro-Ro) di Desa Insit Kecamatan Tebingtinggi Barat. Pelabuhan penyeberangan ini akan melayani rute tujuan Pecah Buyung Desa Bantar, yang menghubungi Pulau Tebingtinggi dengan Pulau Rangsang.

Anggota DPRD Meranti saat melakukan pengecekan pembangunan di Meranti.

Selain itu, pelabuhan ini juga akan difungsikan melayani arus mudik Hari Raya Idul Fitri Fitri 1440 Hijriah dari daratan Pulau Sumatera menuju Kepulauan Meranti pada Juni 2019 mendatang.

Untuk Pelabuhan Ro-Ro di Desa Bantar sudah selesai dikerjakan pada tahun 2018 lalu. Sedangkan Pelabuhan Ro-Ro di Desa Insit progres pembangunannya juga sudah selesai.

Peninjauan itu dilakukan pihak DPRD Kepulauan Meranti bersama pihak Dinas Perhubungan (Dishub) serta hadir juga perwakilan dari Seksi Transportasi Sungai Danau Pulau (SDP) Komersial dan Perintis Balai Pengelola Trasnsfortasi Darat Wilayah IV Riau Kepri.

“Alhamdulillah, samlai hari ini tepatnya Hari Raya idul fitri tahun 2019 sudah bisa dipergunakan oleh masyarakat Meranti yang menggunakan roda empat dari Pekanbaru menuju Buton dan selanjutnya menuju ke Desa Insit ini,” tuturnya.

Taufiek juga mengatakan bahwa dipakainya Pelabuhan Roro untuk jalur penyeberangan dari dan menuju Pulau Sumatera dikarenakan sampai saat ini akses Roro Kampung Balak belum bisa dilalui.

“Sampai saat ini kita belum menemukan solusi untuk permasalahan jalur Kampung Balak, di sana jalannya masih tenggelam. Untuk itu Pelabuhan Roro Desa Insit ini bisa dipakai,” ungkapnya.

Sementara, pekerjaan tambahan seperti jalan pendukung akan segera dikerjakan tahun ini yang sudah dianggarkan melalui APBD Kepulauan Meranti. Jalan penghubung dari Jalan utama menuju Pelabuhan Roro sepanjang 700 meter ini sudah dianggarkan sebesar Rp 3 miliar.

Hal Senada juga di sampaikan Anggota DPRD Meranti Komisi II Dedi Putra SHi menyampaikan bahwa kemungkinan tinggal satu setegah lagi, massa Bupati Kepulauan Meranti.

” Dengan Massa Bupati Kepulauan Meranti tersebut, tentunya ,sejauh mana OPD terkait, dalam rangka meningkatkan visi dan misi Bupati Meranti, hanya tinggal berapa persen kekurangan harus di kejar oleh OPD terkait,terutama hal pembagunan
juga arah sasaran dan arah sesuai visi dan Misi bupati yang ada saat ini,” ungkap Politisi PPP Dedi Putra.

Seharusnya, Dedi Putra menyarankan agar OPD dapat melakukan evaluasi, serta kita juga mendorong agar pelaksanaan tiga bulan adanya,evaluasi perkerjaan di lakukan , serta kita melakukan rapat kerja , dimana ada kunjungan langsung kelapangan.
tukasnya.

Sementara itu, Anggota Komisi II DPRD Meranti, Asnawi saat berbincang bersama Haluankepri belum lama ini menyambut baik Pembagunan yang dilakukan oleh Pemerintah Kabupaten Meranti di semua Kecamatan se Kota Sagu, terutama Jalan Poros serta Pembagunan Pelabuhan yang menjadi penghubung urat Nadi Perekonomian Masyarakat.

Upaya serta kerja keras masyarakat Anggota DPRD Komisi II Asnawi memang pantas di acungi jempol, pasalnya Asnawi mendukung sepenuhnya Pembagunan Kecamatan Merbau juga Pulau Merbau, Kabupaten Kepulauan Meranti.

“Iya Saya sudah melihat dari Infrastruktur dan Pembangunan yang ada disana, pembagunan harus segara di gesa,” ujarnya.

Selain itu, bukan hanya pembangunan Infrastruktur saja, namun peningkatan pemberdayaan masyarakat pun sanggat perlu di lakukan oleh pemerintah setempat.

“Sebaiknya, Kecamatan Merbau dan Pulau Merbau tidak harus ketinggalan dari segala aspek pembagunan, dan harus mulai berbenah, cara yang jitu melalui Kegiatan pemberdayaan masyarakat,” Jelas Asnawi.

Selanjutnya, Kata Asnawi kegiatan yang harus ditingkatkan berupa Pelatihan Peningkatan Sumber Daya Manusia, kegiatan peningkatan ekonomi masyarakat dan kegiatan kesehatan masyarakat sehingga terhindar dari penyakit.

” Dengan adanya, pembagunan yang cepat dan tepat, sehingga tercipatanya pembagunan berkualitas di masyarakat kita,” ungkap Asnawi.

Pembangunan Yang Merata di Perdesaan Kecamatan Merbau Menjadi Prioritas.

Camat Merbau, Wan Fakhriarmi, S.Sos menyampaikan bahwa kita dari pihak pemerintah Kecamatan Merbau hal utama saat ini menggesa pembagunan Jalan Poros terlebih dahulu yang diharapkan mampu merata untuk semua Desa se Kecamatan Merbau.

“Saat ini, yang menjadi prioritas utama, dengan disertai kegiatan masyarakat, Puskesdes serta pembagunan pendidikan selalu di tonjolkan dalam Musrenbang oleh Desa Sungai Tengah, namun ada sebagian kendala yang perlu pembenahan pembagunan yang langsung bisa dirasakan masyarakat,” Jelas Wan Fakhriarmi, S.Sos saat berbincang Haluankepri, Kamis (13/06/2019).

Selain itu, Pembenahan harus selalu digesa terutama sekali pembagunan jalan poros. dalam setiap kali Musrenbang selalu di usulkan, Desa mana yang menjadi urat nadi yang bersifat membagun desa di Kecamatan Merbau.

“Sudah berkali-kali diusulkan sejak saya menjadi camat di awal 2017 lalu, sudah tiga kali di usulkan mudah-mudahan tahun ini dapat di kerjakan jalan poros menjadi urat nadi perekonomian masyarakat tersebut,” ungkap Wan Fakhriarmi optimis bisa terealisasi.

Ia juga mengatakan kita dari pihak Kecamatan Merbau terus berupata membantu pertumbuhan pembagunan Desa, namun desa-desa yang ada, akan segara di realisasikan tahun depan sehingga secepatnya masyarakat bisa rasakan pembangunan dan perubahan daerah secara bertahap.

Orang nomor satu di Kecamatan Merbau itu menjelaskan, dalam aspek pembangunan desa di Kecamatan Merbau, tentunya selalu melaksanakan gotong royong dalam berbagai hal, ini dilakulan agar masyarakat dan Pemerintah Desa bisa terus ikut aktif berperan dalam pembangunan Desa.

Selain itu, Kalau masalah pendidikan kerja keras Desa Sungai Tengah sudah bagus, mulai dari pertumbuhan ekonomi sudah berjalan dengan baik, rata rata masyarakat kita hanya memotong karet (getah, red) dan nelayan.

“Dengan adanya perkembangan desa desa yang maju tentunya, harapan kita semoga jalan poros di desa itu bisa terealisasi dengan baik dan mengangkat ekonomi yang harus segara di realisasikan peningkatan pembagunan dan kegiatan pembedayaan masyarakat semakin meningkat perekonomian dan menciptakan lapangan perkerjaan,” ungkapnya. (DR/Adv/Azwin)

Previous Masih Uji Petik, Belum ada Jadwal untuk Presmian Roro Oleh Gubenur Riau
Next Menjelang Perayaan Bakar Tongkang Bupati Rohil Mintak Pihak Jaga Keamanan dan Keteriban

You might also like

Desa Kepulauan Meranti

M. Rusli: Kita Antarkan Tiga Calon Pelatih untuk Dapatkan Keterampilan Sertifikat Fitnis dan Binaraga

MERANTI – Cabor Persatuan Angkat Besi Binaraga Angkat Berat Seluruh Indonesia (PABBSI) Kabupaten Kepulauan Meranti mengikuti pelatihan Pelatih Instruktur Fitnes dan Binaraga Se Provinsi Riau di Pekanbaru. M. Rusli menjelaskan,

POLITIK

Reses DPD RI Insiawati Ayus Tampung Aspirasi Warga Budaya

MERANTI – Reses Anggota DPD RI Dapil Riau yang juga Calon DPD RI Intsiawati Ayus ,SH MH nomor urut 30 dirumah owner Taman Budaya Tito Hartoto Senin (25/2/2019) Sore. Seperti

Desa Kepulauan Meranti

Sebelum Lebaran RoRo Insit Laut Beroperasi, Kendaraan Roda 4 Bisa Masuk Selatpanjang

MERANTI – Kabar gembira bagi masyarakat Meranti yang ingin memanfaatkan Fasilitas RoRo di Desa Unsit Laut penghubung Pelabuhan Buton Kabupaten Siak dan Pulau Tebing Tinggi Kabupaten Kepulauan Meranti, karena tak

0 Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!

Leave a Reply