DPRD Riau Gelar Sidang Paripurna Penyerahan LHP BPK, Pemprov Riau Kembali Raih Opini WTP dari BPK RI

DPRD Riau Gelar Sidang Paripurna Penyerahan LHP BPK, Pemprov Riau Kembali Raih Opini WTP dari BPK RI

PEKANBARU – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Riau gelar Rapat Paripurna Penyerahan Laporan Hasil Pemeriksaan (LHP) Badan Pemeriksaan Keuangan Republik Indonesia atas Laporan Keuangan Pemprov Riau tahun 2018. DPRD Riau berikan apresiasi atas perolehan opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) untuk Pemerintah Provinsi Riau.

Demikian ini sebagaimana disampaikan oleh Ketua DPRD Riau, Septina Primawati saat memimpin rapat paripurna tersebut yang digelar di gedung DPRD Provinsi Riau, Senin (20/5/2019).

Perwakilan BPK RI menyerahkan hasil LHP kepada Ketua DPRD Riau, Septina Primawati.

“Kami dari DPRD Riau mengapresiasi kepada Pemprov Riau dan jajaran atas prestasi perolehan opini WTP yang mana ini merupakan yang ketujuh kalinya Pemprov Riau memperoleh WTP, semoga prestasi ini dapat dipertahankan secara baik kedepannya,” ucap Septina.

Selanjutnya, sesuai putusan ini, DPRD Riau akan menindak lanjuti hasil pemeriksaan Badan Pemeriksaan Keuangan (BPK) dan meminta penjelasan kepada Kepala Perwakilan BPK RI yang akan dilangsungkan dalam pertemuan kosultasi.

BPK RI yang diwakili oleh Kepala Badan Pemeriksa Keuangan Perwakilan Riau, T. Ipoeng Andjar Wasita menyampaikan bahwa sesuai perundang-undangan dalam rangka pengelolaan dan pertanggungjawaban keuangan daerah salah satu hal penting yang diatur adalah kewajiban kepala daerah untuk menyusun dan menyampaikan rancangan peraturan daerah tentang pertanggungjawaban pelaksanaan APBD kepada DPRD berupa laporan keuangan yang telah diperiksa oleh BPK.

Perwakilan BPK RI menyerahkan hasil LHP kepada Gubernur Riau, H. Syamsuar.

Selanjutnya T. Ipoeng Andjar Wasita menyapaikan bahwa laporan ini merupakan opini tentang kewajaran pelaporan yang didasarkan dengan kriteria kepatuhan terhadap perundang-undangan dan sejumlah peraturan lainnya. Sehingga pada kesempatan ini, kami dari BPK berdasarkan hasil pemeriksaan secara rinci dan mendalam kepada pemerintah daerah, BPK memberikan opini Wajar Tanpa Pengecualian kepada Pemprov Riau.

“Hasil WTP ini berdasarkan pemeriksaan atas Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) Pemprov Riau tahun 2018, semoga capaian ini dapat dipertahankan bahkan ditingkatkan sehingga harapan masyarakat tentang peningkatan pemerintah lebih baik terpenuhi,” Sampainya.

Meski mendapatkan opini WTP ke tujuh kalinya,T. Ipoeng mengatakan BPK mengungkapkan adanya permasalahan dalam pemeriksaan atas laporan keuangan. Permasalahan ini terkait sistem pengendalian intern dan kepatuhan terhadap peraturan perundang-undangan, seperti nilai penyertaan modal pemerintah provinsi Riau pada 6 BUMD belum disajikan berdasarkan laporan keuangan yang diaudit oleh kantor akuntan publik.

Kemudian pengelolaan belanja hibah uang dan barang yang diserahkan kepada pihak ketiga/masyarakat belum tertib. Ketiga, aset tetap yang bersumber dari Hibah Kemendikbud Tahun 2017 dan Tahun 2018 belum dicatat dalam Kartu Inventaris Barang Dinas Pendidikan Provinsi Riau.

Sementara ke empat yakni pola pengelolaan keuangan Badan Layanan Umum Daerah RSUD Arifin Ahmad, RSUD Petala Bumi, dan Rumah Sakit Jiwa Tampan belum memadai. Lima, belanja perjalanan dinas beberapa OPD tidak sesuai dengan kondisi senyatanya, dan terakhir kekurangan volume dalam pekerjaan fisik pembangunan gedung dan bangunan pada beberapa CPD.

“Permasalahan tersebut telah kami muat dalam Buku ll (LHP atas Sistem Pengendalian Internal), dan Buku Ill (LHP atas Kepatuhan Terhadap Peraturan Perundang-undangan),” Terangnya.

Hasil Pemeriksaan BPK selain disampaikan kepada DPRD, juga disampaikan kepada Gubernur untuk segera ditindaklanjuti dan digunakan sebagai bahan perbaikan, peningkatan kinerja pengelolaan keuangan dan pembangunan daerah.

Foto bersama usai penyerahan LHP dari perwakilan BPK RI bersama Gubernur Riau dan Ketua dan Wakil Ketua DPRD Riau.

Gubernur Riau, Syamsuar mengatakan Pemprov Riau telah menyerahkan laporan keuangan pada tanggal 22 Maret 2019 lalu sesuai dengan peraturan pemerintah Republik Indonesia. sebelum menyerahkan laporan pada BPK RI terlebih dahulu telah dilaksanakan review.

“Hari ini Pemprov Riau kembali menerima Opini WTP, kita bersyukur atas prestasi ini dibidang keuangan telah berhasil mempertahankan opini WTP sejak 5 tahun kebelakangan ini,” Papar Syamsuar.

Menurut Syamsuar, perolehan WTP ini merupakan hasil kerjasama dan komitmen kita bersama Pemprov Riau dan DPRD Riau. Ia juga mengajak kepada kepala OPD dan jajaran untuk melaksanakan tugas dengan maksimal dan selalu berpedoman kepada perundang-undangan yang berlaku serta melaksanakan temuan BPK RI dan harus tutas sebagai mana mestinya paling lama 60 hari.

“Terkait temuan-temuan BPK RI dalam waktu 60 hari kedepan akan segera ditindak lanjuti dan selanjutnya menyampaikan semua temuan ini kepada BRK RI. Kami optimis selama 60 hari akan selesai,” Ucap Syamsuar. (Advertorial)

Previous Dua Unit Mobil Ditahan Bea Cukai Inhu, Diduga Membawa Barang Selundupan
Next Bawaslu Riau Nyatakan KPU Rohul Tidak Melakukan Pelanggaran

You might also like

POLITIK

Caleg DPR RI Dapil Riau 2 Pretya Lestari Gencar Lakukan Sosialisasi di Tengah Masyarakat

PEKANBARU – Caleg DPR RI Dapil Riau 2 no urut 3 atas nama Pretya Lestari, SE, M.Acc.AK (29 Thn), Perempuan kelahiran 19 Agustus 1989 itu ikut mendaftarkan diri sebagai calon legislatif usungan Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) untuk daerah pemilihan

Pekanbaru

Penangkapan Pelaku Spesialis Indomaret di Pekanbaru, Ini Kronologisnya

PEKANBARU – Kapolresta Pekanbaru Pimpin Konfrensi Pers pengungkapan dan penangkapan pelaku 14 TKP Curat Super Market, di loby Polresta Pekanbaru, Senin 29 Juli 2019. Kapolresta Pekanbaru Kombes Pol Susanto SIK

Pekanbaru

Hisfarsi Kampanyekan DAGUSIBU di Seluruh Rumah Sakit se- Riau

PEKANBARU – Memperingati Hari Farmasi Sedunia yang jatuh pada tanggal 25 September 2018 lalu, Himpunan Seminat Rumah Sakit (HISFARSI) Ikatan Apoteker Indonesia Daerah Riau mengadakan Kampanye Kesehatan Cerdas Menggunakan Obat

0 Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!

Leave a Reply