Cegah Penyebaran Covid-19, DPRD Riau Berikan Hand Sanitizer Kepada Pengendara Ojek Online

DESARIAU.COM (Pekanbaru) – Dalam rangka pencegahan penularan virus Corona atau dikenal Covid-19, DPRD Provinsi Riau membagikan ratusan hand sanitizer kepada masyarakat khususnya kepada pengendara ojek online Pekanbaru.

Pemberian hand sanitizer ini diserahkan langsung oleh Wakil Ketua DPRD Riau, H. Sukri Misran didampingi beberapa anggota dewan, Sekwan dan Humas DPRD Riau, Selasa (24/3/2020) di halaman Gedung DPRD Riau, Jalan Sudirman, Pekanbaru.

Wakil Ketua DPRD Riau, Sukri menyampaikan bahwa pada hari ini sengaja kita undang khusus para pengendara ojek online untuk memberikan hand sanitizer. Karena kita ketahui, para Gojek setiap harinya selalu bersentuhan dengan masyarakat.

Pemberian ini tentu kita harapkan kepada para Gojek bisa menjadi duta pencegahan penyebaran Corona di tengah-tengah masyarakat, dengan cara mengedukasi masyarakat jika sehabis bersalaman atau beraktivitas di luar agar bisa menseterilkan tangan kembali dengan menggunakan hand sanitizer atau mencuci tangan dengan sabun.

Wakil Ketua DPRD Provinsi Riau, H. Sukri Misran saat memberikan edukasi bagaimana mencegah penularan Covid- 19 dan sembari memberikan hand sanitizer.

“Kenapa sasaran pemberian hand sanitizer ini kepada Gojek, karena para Gojek setiap hari akan bersentuhan dengan masyarakat. Jadi harus seteril begitu juga penumpangnya harus diseterilkan juga. Jadi semprotkan sanitizer ini kepada tangan setiap penumpang,” jelas Sukri.

Selain itu pastikan setiap pembelian pesana masyaraka, pastikan tangan saat sesudah dan sebelum membeli pesanan dalam kondisi bersih dan steril. Apalagi terkadang pembelian katakan di Alfa Mart, saat membuka pintunya bisa saja ada virusnya, maka harus selalu seterilkan kembali tangan menggunakan sanitizer.

Kepada rekan Gojek, mohon juga kepada setiap masyarakat yang dijumpai untuk selalu mengingatkan akan kebersihan diri dan selalu cuci tangan. Jika tidak ada hand sanitizer, bisa juga mencuci tangan menggunakan sabun dengan air mengalir.

Wakil Ketua DPRD Riau, H. Sukri Misran didampingi Anggota DPRD Riau mengkompanyekan salam Melayu.

Pada kesempatan itu, Sukri juga memperkenalkan salam Melayu. Yang mana salam tersebut tidak lagi bersentuhan. “Salam ini, bukan berarti kita sombong, namun menjaga agar tidak terjadi penularan Corona, anggap semua orang bukan mukhrim kita,” sebutnya.

Lebih lanjut dijelaskan Sukri bahwa sekitar 350 hand sanitizer yang disiapkan oleh DPRD Riau dan dibagikan kepada dirver Gojek. Hal ini agar bisa menjaga diri kita tetap bersih dan steril, karena virus Corona ini harus sama-sama kita lawan dan harus kompak juga dalam pencegahannya.

“Jadi dalam pencegahan ini, masyarakat juga kita libatkan dari setiap langkah-langkah yang kita ambil,” imbuhnya.

Menurut Sukri, dalam pencegahan virus Corona ini, kesadaran masyarakat yang perlu kita edukasi, mulai dari menjaga kebersihan diri yang steril dan memahami gejala dari virus Corona. Serta yang terpenting mentaati apa yang menjadi himbauan pemerintah.

Wakil Ketua DPRD Riau, H. Sukri Misran didampingi Anggota dewan dan Sekwan membagikan hand sanitizer kepada pengendara ojek online di Pekanbaru.

“Misalnya, masyarakat harus di rumah, dalam artian mengurangi aktivitas di luar rumah, selalu menjaga kebersihan diri, mencuci tangan, selalu menjaga jarak dengan orang lain, tidak berada di keramaian dan lainnya,” beber Sukri.

Hal yang lebih ditekankan lagi, mari sama-sama kita kompanyekan salam Melayu, karena kita tidak tahu siapa yang hari ini steril atau tidak steril. Salam Melayu bukan berarti kita tidak mau berjabat tangan, namun ini dalam hal mengantisipasi agar penyebaran virus Corona tidak menyebar luas.

Sukri juga mengajak kepada seluruh elemen agar sama-sama konsen melawan virus Corona ini. Kita harus kompanyekan agar masyarakat tidak takut dan tidak panik dengan adanya wabah Corona ini, namun tetap waspada dan pastikan setiap diri kita dalam kondisi steril.

“Jangan ada masyarakat yang berfikiran negatif kepada pemerintah, ini semua langkah terbaik yang di ambil oleh pemerintah untuk mencegah penularan Corona yang harus sama-sama kita perhatikan,” tegasnya.

Anggota DPRD Riau, Eva Yuliana saat membagikan hand sanitizer kepada pengendara Gojek.

Terkait pemberian hand sanitizer, Sukri juga menjelaskan akan berlanjut memberikan hand sanitizer ini kepada masyarakat, karena kita ketahui bersama di luar sudah tidak ada jualnya lagi, sudah terjadi kelangkaan penjualan alkohol, jadi kita buat sendiri dan akan diberikan lagi kepada masyarakat.

Sebenarnya tidak harus sanitizer, bagi masyarakat yang tidak mempunyai hand sanitizer, bisa menggunakan sabun dan dicuci di air yang mengalir. Jadi di warung-warung harus disediakan tempat cuci tangan. Kita tidak mau banyak korban dari penularan virus Corona ini.

Sukri juga menegaskan bahwa anggaran DPRD keluar negeri dan pembelian mobil dinas ketua DPRD juga dipangkas untuk dialihkan kepada anggaran penanganan virus Corona.

Para pengendara Ojek Online merasa bahagia atas kepedulian DPRD Riau yang memberikan hand sanitizer sebagai salah satu untuk menjaga kebersihan tangan dari virus corona.

“Ini langkah yang kita ambil untuk memberikan perhatian khusus dalam penanganan penyebaran virus Corona ini, banyak anggaran-anggaran tertentu yang akan kita alihkan kepada penanganan virus Corona ini, karena nyawa manusia jauh lebih penting,” pungkasnya.

Jadi saya harapkan kepada seluruh awak media juga bisa sama-sama membantu menyampaikan kepada masyarakat agar bisa mengedukasi pentingnya menjaga kebersihan diri dan pastikan kita selalu dalam kondisi yang steril. (Advertorial)

Terhubung

20,736FansSuka
2,378PengikutMengikuti
0PelangganBerlangganan

Komentar

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Berita Selanjutnya

Polres Siak Amankan Pelaksanaan Proses Penetapan Pasangan Calon Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Siak

SIAK - Penetapan pasangan calon bupati dan wakil bupati Kabupaten Siak diagendakan pelaksanaan nya hari ini Rabu (23/9/2020) oleh Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD)...

Sembuh dari Corona, Rektor UIR Bagikan Pengalaman Ketika Jalani Pengobatan di RS

PEKANBARU - Rektor Universitas Islam Riau Prof Dr H Syafrinaldi, SH MH yang tiga pekan lalu sempat terkonfirmasi positif virus corona, kini dinyatakan sembuh....

Musda III Partai Golkar Provinsi Papua Barat Inkonstitusional, Berpotensi Diulang

JAKARTA - Kader Muda Golkar, Ahmad Fauzie mengkritisi hasil Musda Ke III Golkar Papua Barat. Dirinya menilai Musda Ke III Golkar Papua Barat berpotensi...

TERPOPULER

6 Orang Warga Meranti Tertular Covid-19 Hasil Swab Positif

MERANTI – Pandemi Covid-19 atau Virus Corona melanda lagi di Kabupaten Kepulauan Meranti, ada sebanyak 6 orang di nyatakan positif dan berada di Isolasi...

Berjalan 5 Bulan Pernikahan, Sumai Baru Tahu Istri Ternyata Polwan

Desariau.com - Selama 5 bulan meikah, Seorang suami berinisial SS (43) yang menikah dengan WS (43) baru tahu bahwa sang istri adalah Polisi Wanita...

Pusat Karir UIR Hadirkan Rektor IPB dan Presdir RAPP di Webinar Soft Skill Kepemimpinan

PEKANBARU - Pusat Karir Universitas Islam Riau kembali menggelar webinar bertajuk, 'Soft Skill Kepemimpian'. Rencana, webinar yang menghadirkan Rektor Intitut Pertanian Bogor Prof Dr...

Wow…!!! Ini 7 Perempuan Muslim Cantik dan Kaya di Dunia

JAKARTA – Cantik dan tajir, ketujuh perempuan muslim ini masuk jajaran orang kaya di dunia. Dengan paras jelita dan harta berlimpah, deretan perempuan ini...

Anton Pratama Sosok Pengusaha Muda yang Aktif di LSM dan Advokasi Masyarakat

Desariau.com (Jakarta) – Anton Pratama sosok pengusaha muda yang gesit dan ulet dalam menjalankan usaha. Beberapa bidang usaha dilakoninya Anton Pratama mulai producer film,...