Bupati Suyatno Buka Event Wisata Religi Jejamu Toluk Gong Raja Bejamu

ROHIL – Tampak hadir camat Sinaboi TM Hasyim,S.Sos, ketua LAM Kecamatan Sinaboi H.Zainal Abidin, ketua MUI Rohil Ucok Indra,Sag, mantan anggota DPRD Rohil M.Ridwan dan Haryanto Karim, penghulu Raja Bejamu Mustar,Spd dan masyarakat. Jejamu toluk gong ini sekaligus kenduri puisi oleh komunitas seni rumah sunting Pekanbaru dan presiden penyair perempuan Indonesia beserta rombongan. Peresmian Event wisata relegi ini ditandai dengan pemukulan gong besar oleh Bupati Rokan Hilir (Rohil) H. Suyatno.

“Alhamdulillah hari ini kita meresmikan salah satu objek pariwisata religius yang ada di Sinaboy tepatnya di kepenghuluan Raja Bejamu,” ujar Suyatno ketika ditemui seusai acara Jejamu Telok Gong.

Dijelaskannya, masyarakat sangat antusias menghadiri pada saat peresmian even wisata relegi Jejamu Telok Gong di kepenghuluan Raja Bejamu ini. Lanjutnya Suyatno mengatakan wisata relegi dan kenduri puisi ini atas kerjasama dengan budayawan provinsi riau yang juga tadi hadir yang merupakan para senior provinsi riau untuk membantu dalam rangka mengembangkan bidang pariwisata religius.

“Alhamdulillah masyarakat cukup antusias. Saya berterima kasih kepada camat, para tokoh masyarakat, datuk penguhulu, para tokoh pemuda yang kesemuanya mendukung program ini sehingga nanti tepatnya pada tanggal dua puluh dua Februari setiap tahun kita rayakan,” ujarnya.

Orang nomor satu di kabupaten Rokan Hilir (Rohil) menginginkan pelaksanaan wisata relegi Telok Gong ini jangan sampai putus. Oleh sebab itu, lanjut Suyatno, untuk itu dia akan membangun jalan akses ke lokasi wisata relegi Telok Gong.

“Kita masuk tadi akses jalan ini sangat memprihatinkan sekali ini tidak bisa kita biarkan. Ini harus kita bangun. Kita bangun tahun ini,” terang Suyatno.

Dalam kesempatan ini, Suyatno juga telah berkonsultasi dengan pihak PLN Rohil agar aliran listrik masuk ke lokasi wisata Telok Gong ini.

“Insya Allah dia akan bantu memasukkan tiang dan arus listrik,” ujarnya.

Bupati Suyatno menjelaskan bahwa wisata relegi Telok Gong di Raja Bejamu ini seperti batang terendam yang dibangkitkan kembali.

“Kita minta petunjuk dan berdoa kepada Allah subhanahu wa taala semoga kegiatan hari ini berjalan lancar,” katanya kemudian.

Dalam kesempatan ini, Suyatno minta kepada tokoh-tokoh masyarakat supaya daerah lokasi wisata tersebut disemah kembali.

“Kita minta kepada orang orang tua kita yang ada di sini agar lokasi ini disemah secara adat agar nanti orang yang datang ramai-ramai kemari tidak terganggu hal hal di luar kehendak kita. Kita minta kepada Allah supaya daerah ini disemah lagi,” ujarnya.

Dia juga akan melaksanakan program normalisasi sungai. Kemudian membuat lokasi Telok Gong sebagai tempat destinasi wisata religi baru.

“Saya sangat tertarik dengan pohon nipah nipah ini yang sangat luar biasa dibandingkan dengan pohon nipah yang lain agak sedikit berbeda. Ini perlu dilestarikan, dijaga dan ini tidak boleh ditebang oleh masyarakat. Saya tetap berkonsentrasi pada daerah ini sebagai lokasi wisata melalui dinas pariwisata,”tandasnya. (Jokowitono )

Terhubung

20,736FansSuka
2,378PengikutMengikuti
0PelangganBerlangganan

Komentar

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Berita Selanjutnya

Polres Siak Amankan Pelaksanaan Proses Penetapan Pasangan Calon Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Siak

SIAK - Penetapan pasangan calon bupati dan wakil bupati Kabupaten Siak diagendakan pelaksanaan nya hari ini Rabu (23/9/2020) oleh Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD)...

Sembuh dari Corona, Rektor UIR Bagikan Pengalaman Ketika Jalani Pengobatan di RS

PEKANBARU - Rektor Universitas Islam Riau Prof Dr H Syafrinaldi, SH MH yang tiga pekan lalu sempat terkonfirmasi positif virus corona, kini dinyatakan sembuh....

Musda III Partai Golkar Provinsi Papua Barat Inkonstitusional, Berpotensi Diulang

JAKARTA - Kader Muda Golkar, Ahmad Fauzie mengkritisi hasil Musda Ke III Golkar Papua Barat. Dirinya menilai Musda Ke III Golkar Papua Barat berpotensi...

TERPOPULER

6 Orang Warga Meranti Tertular Covid-19 Hasil Swab Positif

MERANTI – Pandemi Covid-19 atau Virus Corona melanda lagi di Kabupaten Kepulauan Meranti, ada sebanyak 6 orang di nyatakan positif dan berada di Isolasi...

Berjalan 5 Bulan Pernikahan, Sumai Baru Tahu Istri Ternyata Polwan

Desariau.com - Selama 5 bulan meikah, Seorang suami berinisial SS (43) yang menikah dengan WS (43) baru tahu bahwa sang istri adalah Polisi Wanita...

Pusat Karir UIR Hadirkan Rektor IPB dan Presdir RAPP di Webinar Soft Skill Kepemimpinan

PEKANBARU - Pusat Karir Universitas Islam Riau kembali menggelar webinar bertajuk, 'Soft Skill Kepemimpian'. Rencana, webinar yang menghadirkan Rektor Intitut Pertanian Bogor Prof Dr...

Wow…!!! Ini 7 Perempuan Muslim Cantik dan Kaya di Dunia

JAKARTA – Cantik dan tajir, ketujuh perempuan muslim ini masuk jajaran orang kaya di dunia. Dengan paras jelita dan harta berlimpah, deretan perempuan ini...

Anton Pratama Sosok Pengusaha Muda yang Aktif di LSM dan Advokasi Masyarakat

Desariau.com (Jakarta) – Anton Pratama sosok pengusaha muda yang gesit dan ulet dalam menjalankan usaha. Beberapa bidang usaha dilakoninya Anton Pratama mulai producer film,...